Skip to content

Diet Berdasar Golongan Darah: Hoax (?)

December 17, 2006

Akhir-akhir ini kita dapat dengan mudah menemukan buku-buku bertemakan Diet Sehat Golongan Darah, oleh Dr. Peter D’Adamo. Menurut D’Adamo golongan darah seseorang sangat berpengaruh dalam menentukan diet yang sesuai. Oleh karena itu, saya – yang bergolongan darah O – dianjurkan untuk makan banyak produk daging dan berpantang gandum serta sayuran hijau (ref). Saran D’Adamo bertolak belakang akan anjuran umum agar setiap orang memperbanyak sayuran hijau.

Saya pribadi tidak percaya akan tulisan D’Adamo dan merasa ini hanyalah semacam hoax Masaru Enomoto dan Air Hexagonal. Jangan-jangan ini hanyalah usaha marketing semata untuk memaksa orang membeli pelbagai produk suplemen kesehatan. Mungkinkah?

Menurut Michael Kalper, M.D, dalam tulisannya The ‘Blood Type Diet': Fact of Fiction (versi pendek) alasan-alasan yang dikemukakan oleh D’Adamo tidak berdasar. Banyak pernyataan D’Adamo tidak diikuti referensi yang jelas. Bahkan D’Adamo tidak menyertakan foto dari sel-sel otot dari orang-orang dari golongan darah yang berbeda, untuk perbandingan.

Kalper juga mengungkapkan mengenai tes-darah yang ditampilkan di televisi:

[…] “A practitioner of ‘live cell’ analysis stuck my finger and I saw my blood agglutinate! He said I must have eaten foods wrong for my blood type!” I hear variations of these two statements several times per year. Do either of these phenomena validate D’Adamo’s blood type theory?

[…] Though the images may be graphically convincing, the unsuspecting subject is probably unaware that they may have just witnessed a biological parlor trick. The “live cell analyst” has probably failed to inform them that the “agglutinating” effect seen on the screen can be produced by a number of factors, most having nothing to do with lectins, blood type, or any other forces beyond the physics and chemistry of a drop of blood on a slide. Remember, that a drop of blood on the microscope slide is very different than a drop of blood flowing through your bloodstream. […]

Saya bukanlah seorang dokter, ahli kimia ataupun ahli gizi tetapi saya merasa ada banyak kejanggalan dalam teori D’Adamo. Silakan anda membaca lebih banyak dari beberapa referensi yang sudah saya temukan:

Apakah menurut anda tulisan D’Adamo itu benar atau hanyalah marketing hoax? Silakan komentari tulisan ini dan sampaikan pandangan anda. Tenang, ini bukan blog seleb ;)

technorati tags: , , , , ,

About these ads

From → Food

76 Comments
  1. ngga juga

    tiap orang itu beda cara dietnya
    paling mudah ya menurut gol darah

    gw ngga tau penjelasan ilmiahnya apa, tapi itu berhasil

  2. Saya pernah beli buku soal diet berdasarkan golongan darah ini. Saya bergolongan darah O. Saya sudah coba dan berhasil dengan baik. Sebab, dengan pola diet yang berlaku umum, yang lebih fokus pada porsi makan, terkadang membuat saya jadi lemes. Tapi pola justru sangat pas buat saya. Jadi mau dibilang hoax atau bukan, saya sangat menikmati pola diet semacam ini.

  3. “It may well turn out that there are important interactions with between certain foods and one’s blood type. D’Adamo, unfortunately, offers little in the way of scientific evidence, relying instead on a collection of anecdotal reports and case histories.”

    Mungkin saja. Sayang bukti ilmiahnya kurang :)

    http://www.quackwatch.org/04ConsumerEducation/NegativeBR/d'adamo.html

  4. @Budi Putra:
    Yang saya takutkan mengenai diet tersebut (terutama golongan darah O) adalah saran mereka utk makan daging dan mengurangi sayur. Quote dari tulisan Dr Kalper (yang seharusnya saya tuliskan di artikel):

    Repeatedly packing the colon full of meat residue from a high protein diet has been shown to be highly correlated with cancer of the colon – among the leading killers of industrial nations (4). In fact, animal protein seems to be “high octane fuel” for the growth of many kinds of cancers (5). I fear that the apparent improvement experienced by many people who use the “zone” rationale to become big-time carnivores will ultimately be at the cost of damaged vital organs and more lethal and degenerative diseases.

    @Lita:
    Nah itu dia yang menjadi kekhawatiran saya. Apalagi tulisan dari Dr Kapler sudah cukup banyak menyangkal dasar-dasar pemikiran D’adamo.

  5. tentang postingan di hoax.wordpress.com: yang ditulis oleh saya cuma kutipannya. yang ditulis di situ bukan versi lengkap seperti yang ada di sini. rasanya ini sudah memenuhi kaidah ‘fair use’. tapi kalau keberatan, nanti saya hapus posting yang ada di hoax.wordpress.com

  6. @Priyadi: Tidak apa-apa kok. Saya tidak keberatan.

  7. Sudah menjadi rahasia umum bahwa buku-buku nuansa medis di pasaran sulit dibedakan antara yang marketing dengan yang bukan.
    Khusus buku ” Diet …” di atas melibatkan beberapa disiplin ilmu diantaranya: mikrobiologi, fisiologi, patofisiologi, patologi klinik dan ilmu gizi, ditambah lagi disiplin ilmu terkait.
    Buku-buku sejenis juga banyak beredar di pasaran.
    Menurut saya, tanpa referensi texbook baku dari disiplin ilmu yang terkait di dalamnya, patut dipertanyakan kemanfaatannya.
    Tetapi hal-hal semacam ini “lumrah” terjadi di negara kita bukan?
    :)

  8. Sebenarnya diet yang benar itu seperti apa yah? Makin lama makin gendut nih perut… Pusiiing deh

  9. ButterflyAngel permalink

    @shOnn : diet yang bener itu yah kurangin makannya lagiieh….
    tapi kalo dikurangin kan cepet laper lagi yah… syusyah memang

  10. anonim permalink

    saya udah mnrapkan diet cara ini dan berhasil.sy jadi jarang sakit.sy pernah coba berhenti diet cara ini dan kmbali lagi ke pola mkn yg salah(pantangan utg gol drh o).ehhh sy jd gak fit lagi..sy udh percaya d sm diet sehat gol drh ini.khan tubuh ga bs boong apa yg tubuh rasain..masa sih tubuh sy salah ngasi sinyal??..kyna ga mgkn d..mnurut sy ksaksian2 byk org udh cukup kok..drpd kbanyakan bukti2 tp ga berhasil..

    yg penting kn apa hasilnya..bukan bukti2 ilmiah dsb..(itu mnurut sy lho..klo ada yg ga spendapat am sy y silahkan)..

  11. Aku sebenarnya ga begitu ngerti tentang diet berdasar gol. darah. Tapi ga ada salahnya mencoba. Mungkin sebaiknya didampingi yang lebih ngerti: ahli gizi, dokter atau apa gitu lah supaya ga keluar garis…

  12. Saturday Night 07 permalink

    In my opinion i think if we want make a diet ask your self for what reason? is it important? but if it’s so important for you so do’it w/ natural doing some exercise, eat enough and the important is w/ fresh vegetable and fruits.

    and related about the book about blood agglutinate i think is just a theory without scientific research so i just want to say becarefull guys

  13. Mr. Ri permalink

    senang bisa join blog anda, salam kenal.

    Mengenai diet golongan darah dari dokter naturalis D’adamo, apa yang ditulis oleh peter d’adamo didasarkan pada pengalaman pada dirinya berdasar filosofi kuno. Hal itu tidak lain karena peter D’adamo merupakan seorang naturalis. Selama ini, benar bahwa diet golongan darah belum ada bukti secara ilmiahnya. Sehingga bukti-bukti yang muncul jika diet ini berhasil merupakan bukti dalam tanda kutip “terbukti”.

    Diet yang baik bagi tubuh adalah apabila jumlah dan jenisnya seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Selama ini kata diet diterjemahkan salah oleh banyak orang di Indonesia khususnya. Perkenankan saya meluruskan pengertian diet, diet bukan mengurangi atau membatasi makanan, tetapi mengatur pola makan (kualitas dan kuantitas) menjadi seimbang sesuai kebutuhan tubuh ditunjang gaya hidup sehat yang lain seperti olah raga dan mengurangi stress.

    Bagi anda yang merasa berhasil dengan diet golongan darah D’adamo, saya menyarankan anda chek up laboratorium rutin (kolesterol darah, gula darah, urin kreatinin, kadar Hb, asam urat, ureum dsb) untuk mengetahui efek diet tersebut benar2 berhasil atau tidak. Sehingga “terbukti” yang anda rasakan tidak bersifat fiktif (sugesti)

  14. diajeng permalink

    Salam kenal….

    Saya berencana membuat buku menu sehat sesuai golongan darah bersama seorang ahli gizi. Bolehkah saya mendapat alamat email teman-teman yang merespon tema ini? Di salah satu sisi covernya, akan disertakan kesaksian dari orang2 yang telah merasakan manfaatnya. Terima kasih atas bantuannya…

  15. hasna permalink

    saya bergolongan darah A, ingin menurunkan berat badan
    makanan apa saja yang harus saya hindari dan makanan apa saja yang sebaikanya saya asup

    olahraga apa yang baik saya lakukan kecuali yoga dan taichi
    kalau renang dan bersepeda apa bagus juga?

  16. Di rumah saya ada dua buku D’Adamo, untuk gol.darah O dan A. Kebetulan saya dan istri saya beda gol. darah. Meskipun belum baca seluruh bagian, tapi dari bagian2 yg menurut saya penting dan mendasar, penjelasan2 D’Adamo menurut saya cukup ilmiah. Benar kata Mr.Ri bahwa istilah diet selalu disalahartikan dengan mengurangi, padahal maksudnya adalah pengaturan pola makan. D’Adamo sendiri tidak menyarankan untuk yg gol.darah 0 langsung memperbanyak makan daging dan sama sekali tidak makan sayuran. Atau yg gol.darah A tidak boleh makan daging sekali. D’Adamo tetap menyarankan semua orang untuk mengkonsumsi semua jenis makanan. Hanya porsinya saja yg dibatasi sesuai gol.darah masing2. Karena tubuh tetap butuh menyerap nutrisi dari semua jenis makanan.

    Saya sendiri dan istri belum benar2 mengikuti diet yang dianjurkan buku tersebut. Karena kami tetap ingin makan banyak :) dan nanti akan diimbangi dengan olahraga yang diharapkan akan membakar kelebihan makanan yang tidak diperlukan tubuh. Selain itu ada juga saran dari seorang dokter muslim untuk tidak harus membatasi pilihan makanan. Tapi cukup dengan mengikuti cara makan Rasulullah SAW, yaitu dengan mengunyah makanan sebanyak 32 kali setiap suapannya. Karena hasil kunyahan di mulut nantinya akan memudahkan juga penyerapan makanan di perut.

  17. Istri saya bergolongan darah AB, sudah mencoba diet ini dan berhasil. Saya penasaran karena adik ipar (perempuan) juga mempraktekkan diet ini, juga sudah kelihatan hasilnya.

    Hari ini rencananya mau beli buku yg sesuai golongan darah saya (B). Terima kasih yg sudah menyarankan utk cek darah, kolesterol dll, terlebih dulu sebelum menjalani diet, dengan demikian akan terbukti nantinya apakah memang ada efeknya atau tidak buat saya.

    Kondisi badan sy tidak terlalu gemuk. Saya ingin mempraktekkan diet ini agar tubuh lebih sehat & lebih bugar.

  18. insyi permalink

    gue gak ngerti kayak apa sih maksud diet ini? kedengerannya agak rumit… yang udah pada berhasil… punya triknya?!

  19. Andari permalink

    Mau share pengalaman pribadi.
    Saya sendiri seorang food technologist jadi sangat skeptis dengan teori dan terutama dengan metoda penelitian dr Adamo yang kurang sesuai dengan kaidah penelitian ilmiah.
    Tapi saya jadi penasaran ketika seorang teman mempraktekkan diet gol dar dan saya lihat sendiri kesehatannya membaik secara significant (tadinya gemuk sekali dan punya atsma parah yang tiap malam harus tidur dengan duduk tegak. Tapi sejak mempraktekkan diet gol dar jadi jarang kambuh atsmanya dan lebih langsing padat – tidak gombyor)
    Saya trus beli bukunya. Pertama baca merasa heran, kok makanan yang saya sukai sejak kecil (susu, keju, yoghurt) merupakan makanan yang dianjurkan. Tetapi makanan yang saya tidak suka sejak kecil (santan, tempe, buah alpukat) kok merupakan makanan yang harus dihindari. Apa kebetulan? (Saya gol dar B).
    Karena penasaran, saya coba praktekkan kepada diri sendiri secara disiplin penuh selama seminggu. Ternyata hasilnya terasa sekali. Dulunya saya gampang lelah dan mudah mengantuk. Waktu seminggu itu saya merasa fit dan fresh sekali.
    Akhirnya ya saya sampai sekarang mencoba pola makan yang dianjurkan di rumah (kebetulan semua anggota keluarga adalah gol dar B) walau tidak terlalu kaku juga karena masih ada penghuni rumah belakang yang tidak suka dengan bangsa keju-kejuan.
    Saya terus terang sampai sekarang belum bisa memahami ataupun percaya akan keilmiahan metoda penelitian Dr Adamo. Tapi saya coba dan cocok ya kenapa tidak… Toh yang saya lakukan hanyalah memakan makanan yang memang saya suka dan menghindari makanan yang memang saya tidak suka. Apalagi dengan adanya buku resep-resep yang dijual di toko-toko yang lebih sesuai dengan bahan yang ada di Indonesia.

  20. yos permalink

    Salam kenal semuanya,

    Saya sempet bingung, waktu baca diet berdasarkan golongan darah ini dianggap sebagi ‘hoax’.

    Kalo saya baca dari bukunya, disitu disebutkan (kalo nggak salah) bahwa .. apa yach, dasar kimiawi dari masing-masing darah berbeda, sehingga reaksinya berbeda terhadap makanan.

    Menurut saya sih Ok, kalo kita lihat untuk menentukan Blood type itu dilihat dari reaksi darah terhadap suatu zat kimia. jadi sah aja kalo masing-masing golongan darah mempunyai reaksi berbeda terhadap suatu zat.

    Buku tersebut tidak menganjurkan untuk hanya memakan daging atau hanya memakan sayur saja. yang saya tahu buku tersebut memuat klasifikasi makanan menjadi tiga (istilahnya lupa) tapi kira-kira :

    1. sebagai obat
    2. netral
    3. sebagai racun

    untuk semua makanan mulai dari biji-bijian, buah, sayur, daging, dan banyak lagi.

    Blood type saya B, setiap tubuh saya agak drop, saya coba makan kambing, kambing termasuk makanan sebagai obat, hasil nya alhamdulillah bagoooos.

    Jadi susah juga mau menerima ini sebagai hoax

  21. nia shenol permalink

    waduuh aku mau coba ah!!! tapi aqw ndiri belum bsa disiplin!! kta mamah ga boleh diet!!! tapi mamah suka ngritik aq yang rda ndUUttt (cma diit ko000))) he..

  22. @ak
    salam kenal bung, memang setiap teori baru tetap ada yg pro dan kontra. Tapi sepanjang berfaedah setelah kita coba (dalam hal ini kan tidak meracuni kita toh utk mencobanya sebulan atau lebih), saya rasa sah saja kita terapkan walaupun belum ada bukti ilmiahnya. Lagian menurut Peter Dadamo, yg gol. darah O boleh kok konsumsi sayur2an tertentu. Dan menurutnya yg darah O kebanyakan penyakit yg menyerang juga berkaitan dgn sendi, misal asam urat, rematik, dll yg sejenis. Juga yg berkaitan dgn keasaman lambung yaitu maag. Dan saya rasa ada benarnya juga (saya O), penyakit yg ada di saya ya itu tadi. Dan salah satu yg tdk cocok utk O yaitu kopi. Saya kalo minum setengah gelas kopi aja 2 hari kmdn pasti sendi nyut2an. Jadi daripada menderita ya apa salahnya saya ikut dietnya… :D
    Hoax atau tidak ya kita buktiin aja masing2…, gampang kan? toh yg boleh dimakan itu kan makanan normal sehari2 yg tidak meracuni… Menurut saya sih bukan Hoax.

  23. @CY:
    Ayah saya dan saya golongan darah O tetapi kami tidak memiliki masalah sama sekali berkaitan dengan lambung. Kami berdua juga peminum kopi. Berdasarkan pengalaman pribadi saya tersebut, saya meragukan kebenaran tulisan D’adamo.

    Makanan normal sehari-hari memang tidak meracuni, tetapi pola makan seimbang menurut saya juga sama pentingnya.

  24. A'AK permalink

    Saya termasuk orang yang percaya dg diet model ini,dan barusan memulai, kebetulan skeluarga gol darah “A” yang mana menurut dr. Peter disarankan untuk jadi vegetarian..
    pertama kali baca buku tsbut saya kaget wow banyak makanan favoritq yang dilarang, hanya sedikit sekali makanan yang bermanfaat buat saya (gol darah A)..
    kita termasuk penikmat makanan dg porsi wajar2 saja, tetapi kadar kolesterol dalam darah saya tinggi banget, begitu juga dg adikku..beda banget dg temenq (kebetulan darah O) yang mana kesukaanya makanan berlemak alias daging,otak,joroan,telur puyuh dll (makanan kolesterol tinggi) tetap dia langsing (ideal) dan kolesterol normal..
    dari situ saya diskusi dg dokter dan berkesimpulan bahwa diet golongan darah It’s OK, banyak buktinya..dan jangan ragu2 lagi u/ menjalankannya..masuk akal banget..

  25. Menurut saya sih tergantung yg melekukan diet itu sendiri, walaupun die golongan darah apapun kalo die memang disiplin dalam melakukan program dietnya gue jamin pasti berhasil jadi kesimpulannya jangan mudah percaya dan meresapi mentah mentah info yang beredar tentang cara diet yang cepat dan mudah, apalagi berdasarkan golongan darah, ga banget gitu loh

  26. P ferdinanl permalink

    Ilmiah atau gak ilmiah yang pentingkan hasilnya…….

    Sya umur 31 tahun, Tahun2 sebelumnya saya coba diet food combining dengan mengurangi porsi dari yang biasa, saya juga meminum suplemen diet trim spa serta olah raga aerobic rutin hasilnya lemes berat badan berkurang sedikit saja. Dan kondisi kesehatan sama seperti sebelumnya, kuping gatal2 (kata dokter infeksi di dalam), penyakit ini sudah lama saya alami, sesak nafas ( saya asma turunan kata dokter).
    ketika saya coba cari di google infeksi telinga, saya dapatkan “diet golongan darah Dr. Peter D’Adamo” bahwa orang dg golongan darah A rawan terhadap penyakit infeksi telinga asma dll.
    Mei 2007 berat badan saya mencapai 73 kg (tinggi 155, nyaris obesitas), saya bertekat menurunkan berat badan, saya coba jalankan diet golongan darah dan juga suplemen pembakar lemak hasilnya lumayan.
    Berat badan saya sekarang 62 kg, infeksi telinga alhamdulillah tidak lagi, nafas tidak sesak lagi (menurut istri saya tidak mendengkur lagi kalo tidur)

    terlepas dari ilmiah atau tidak kayanya hasilnya positif, kenapa nggak ?

  27. fitri permalink

    hello,
    saya baru beli buku diet golongan darah O dan diet kualitatif and masih bingung baca buku diet gol. darah O, karena makanan yg bermanfaat banyak yg gak dikenal di indonesia.
    ada saran gak ?? saya juga gak begitu suka sama daging..sedangkan ayam masuk ke netral..gmana donk ?? ikan juga banyak yg tidak dikenal ??

  28. adubiung permalink

    Yah, dari pada bergosip negatip ttg diet D;Adamo, kenapa tdk diuji saja masing2.
    Umpamanya: Orang yg biasa makan rawit satu biji sdh tidak pedas buat dia, namun yg tdk biasa bisa ‘terbakar’ mulkutnya. Khan reaksi kimia perorangan tdk harus sama.

  29. bon@ permalink

    hai smua…
    klo mnurut gw nich, krn udah bnyk testimoni n hasilY jg udh bisa kliatan bg mrk yg mnrpkn, ga prlu ragu lg dech klo diet gol darah ntu emank bermanfaat bngt bro. terlepas dr pntg ato ga nya qt mo prcy mo ga, toh dr Adamo cm mnyampaikn ilmuY ato kyqnanY. yah..boleh dbilang ijtihad gt lah istlhY. yg mo prcy ya ikut, yg ngga jg ga maksa.
    Tp klo dliat2 c nie,bro, yg blg ga percaya tuw kbanyakn yg blm prnh cb,atw br skdar mnduga2 dbrngin dg prasangka. Pk curiga hoax pula. pdhl kekY ga ad tuh embel2 hoax di Adamo. Atw cr untung dr pnlitianY. kyY cm curiga2 doank org krjY. ga tau jg sich gw. hehehe. .Sdgkn yg udah nyoba diet malah bnyk yg memuji kbrhsln diet cr ini. SbnrY gw sndri c blum prnh nyoba jg. Nah, kl udah gni mna mnurut lo yg lbh bs dpgang? ksaksian org duga2 atw yg udh mmbuktikn? lagipula dlm ilmu pnelitian jg, data2 tuw bs dproleh dg obsrvasi, wwncra, atw ksaksian org bnyk. Jdnya testimoni org2 udh ckp d ya untk jd data2 researchY. tgl ilmiahY aj dbktiin lg. ok deh pro & kontra emank wajar bngt. so, be urself aj. yo ah

  30. flowingwater permalink

    yah, namanya juga GENERALISASI,,
    kalo kata teorikus-teorikus psikologi (aduh sapa ya lupa namanya,,jarang belajar siy,,huehehehe) manusia itu UNIK, gak semua teori bisa 100% diaplikasikan pada semua orang.. jadi ya whatever lah

    namanya juga cari duit berbuat kebaekan.. hehe :D
    Termasuk juga kita-kita yang nulis di blog. ^_^v piss

  31. Abdul Halim permalink

    Saya dalam pembuktian. Tapi sudah terlihat titik terang kebenaran buku D’Adamo. Dua bulan lalu kadar gula dan kolestrol saya naik. Saya coba diet yang selama ini saya yakini yakni mengurangi makanan daging dan ikan. Setelah saya cek minggu lalu kadar gula dan kolestrol saya malah naik. Hal ini terbukti yg dikatakan dlm buku tersebut bahwa bagi yang bergolongan darah O dianjurkan makan daging protein tinggi karena hal ini akan membantu metabolisme tubuh untuk memecah lemak/kolestrol. Sedangkan saya melakukan sebaliknya maka teranglah gula dan kolestrol saya naik. Dua hari ini saya memulai cara diet D’Adamo dan belum terasa hasilnya.

  32. sylvia permalink

    Emang sih kita harus dapat info yang seimbang tentang sesuatu. Saya sudah coba diet gol darah (Gol B) dengan mengurangi kacang-kacang dan ayam, nyeri di persendian sangat jarang saya rasakan saat ini, sebelumya kacang2an adalah makanan favorit saya. Menurut saya cara ini sangat bermanfaat buat saya. Kita tidak diminta untuk pantang makan cuma harus memilih mana yang boleh mana yang tidak. So why not not to do that.

  33. diet berdasarkan golongan darah itu hanya ‘fad diet’, bisa dikategorikan hoax.
    masih banyak ‘fad diets’ yang lainnya.
    Artikel mengenai ‘fad diets’ bisa dilihat di http://health.groups.yahoo.com/group/konsulsehat/message/41
    semoga berguna.
    rgds
    Billy
    billy@konsulsehat.web.id

    http://www.konsulsehat.web.id

  34. Yustin permalink

    Apakah golongan darah B cenderung untuk mempunyai tekanan darah rendah? Aku ingin tahu diet apa saja yang harus aku lakukan thank You.

  35. Stevy permalink

    Saya bergolongan darah O dan saya sudah mencoba diet darah dari buku D’ Adamo (harga buku waktu itu Rp.17.000). Selama 2 bulan saya hanya mengkonsumsi apa yang disarankannya. Kemudian bulan berikutnya, saya memperlonggar diet saya dengan mengkonsumsi makanan yang tidak diperbolehkan dengan asumsi yang sedikit karena menurut buku tsb, kita tidak harus memantangkan semua makanan yang tidak sesuai dengan gol.darah kita sesekali kita juga boleh mencicipi makanan2 tsb. Alhamdullilah bertahun-tahun saya menderita migren yang hampir tiap hari pasti saya rasakan, sekarang tidak pernah lagi. Anak saya sering kali mimisan sekarang tidak lagi (gol.darahnya O). Suami saya sering mengeluh setiap buang air kotorannya pasti cair sudah tidak lagi (gol darahnya A).semua karena mengikuti saran buku tsb. Beberapa kali saya mencoba mengkonsumsi makanan yang tidak sesuai dengan darah saya untuk membuktikan benar tidaknya buku tersebut dan setelah mengkonsumsi makanan tsb beberapa saat kemudian saya migren. Karena saya dan suami berlainan darah, kami coba memadukan makanan yang sama yang bisa kami konsumsi. Maka saran saya cobalah benar-benar diet sesuai dengan apa yang di sarankan beliau selama beberapa bulan untuk mengembalikan metabolisme tubuh setelah itu baru memperlonggar diet anda. seperti yang saya tulis di atas. Selamat mencoba terima kasih.

  36. Saya pernah kuliah di teknik kimia universitas di bilangan Depok, dan menurut dosen saya air heksagonal itu membantu pencernaan.

  37. saya gol darah A, tapi makan segalanya, yang orang lain tidak makan, tapi tetap sehat tetap keren, jadi diet ini hoax…. yang pasti kalau kita tahu komposisi makanan, baik buruknya suatu jenis makanan itu lebih baik bagi kita, yang lain…. kalau berhasil ya syukur… tapi belum terbukti secara ilmiah…

  38. A'AK permalink

    …keren..g ad hubungannya dg gol. darah…tapi coba cek lab aja kolesterol,Hdl,Ldl…pasti kaget lihat hasilnya…he3…

  39. zaki_if permalink

    bagi saya sah-sah aja orang membuat pola diet baru, dicoba aja kalo cocok diteruskan, kalo gak gpp, tp paling gak kt dah belajar u makan makanan sehat.ya ga???tp saya rasa tiap orang lebih tau dirinya sdr, kebutuhannya apa??saya mengurangi makanan saya menjadi setengahnya dari porsi biasa.alhmd saya berkurang 4 kg dalam 1 bulan.banyakin air sama buah.tp saya mau mencoba menu lain yaitu nasi saya ganti dg ubi jalar.dari referensi yg saya baca lebih bagus dari nasi putih.kaya akan serat dan protein plus karbohidrat yang sehat.ubi jalar manfaatnya sama dg kentang, tp lebih murah lho….saya akan mencobanya…..buat yang lain met mencoba pola saya….komentar kirim ke zakikalbe@yahoo.com.

  40. djjar permalink

    Everything can change and can be modified. Tak ada kebenaran yang mutlak. Yang ada adalah menunggu terbuktikan lalu menunggu terpatahkan. Haalaah….
    but it’s ok to search or create 4 better human life….

    sori nglantur….

  41. cuma hoax ya? kecewa deh. padahal tadinya mau nyoba. tapi emang gak boleh sembarangan percaya ya. thanks infonya

  42. Pidha permalink

    Gw gol darah B, dari hasil lab ketahuan punya kecenderungan darah kental. Setelah baca buku diet gol darah, gw baru tahu, kalau ternyata makanan favorit yang sehari-hari gw makan (ayam, tahu, jagung) mengandung lektin yang berpotensi menggumpalkan darah gol B. Lalu gw coba jalanin diet-nya Mr. D’Adamo dengan samasekali tidak konsumsi makanan2 tersebut, toh dalam pikiran logis gw, masih bs dapat protein dari ikan, daging sapi dan sayur2an lain yang OK punya. Dan Puji Tuhan kondisi tubuh terasa lebih enteng. Mr. D’Adamo juga engga nyaranin nelen mentah2 teorinya kok, kita sendiri yang harus bener2 ngenali tubuh kita. Gw engga nurut nasehatnya untuk makan daging kambing yang katanya baik untuk gol darah B, juga engga dimarahi kok ..he ..he ..he. So ??? Hoax ???? Gw gak setuju banget. Melecehkan banget.

  43. gideon charles permalink

    Dear All

    Bagi2 pengalaman boleh kan?

    Saya bergolongan darah B. Menurut buku yang ditulis oleh J’ Adamo, penyakit yang paling potensial menyerang gol darah B adalah diabetes. Sebelum saya membaca buku tersebut, saya banyak menerapkan pola diet yang sering ditampilkan di media massa. Misalnya perbanyak makan sayuran dan kacang2an, kurangi makan daging merah dan perbanyak makan daging putih (misalnya daging ayam dan daging bebek).

    Dulu tubuh saya sering banget lemas gitu…karena sering makan makanan yang “salah”, seperti daging ayam, jagung, kacang2an dll. Untung-nya dari dulu saya tidak pnah lepas minum susu yang sangat dianjurkan untuk gol darah B. Dulu saya juga sangat takut makan daging merah, apalagi daging kambing, karena katanya potensial buat kolesterol dan hipertensi, bahkan karsinogen.

    Setelah saya membaca buku Prof Adamo, yang menurut saya lebih banyak humor, anekdot dan kurang fakta, saya mulai menerapkannya. Karena saya bukan orang gizi or medis, jadi ga terlalu banyak mempermasalahkan akan keabsahan argumentasinya. Prinsip saya dicoba aja dulu, nothing to loss kan? Lagian di situ juga ada testimoni orang2 yang sudah berhasil.
    Selain membaca buku buat gol darah B, saya juga compare dengan golongan darah lain, dan mencoba survey ke tman2 yang mempunyai golongan darah berbeda.

    Puji Tuhan, skarang ini tubuh saya jarang lemas, lebih sehat (dibantu dengan olahraga tentunya, karena menurut saya diet gol darah hanyalah salah satu cara buat hidup sehat). Gulah darah saya normal, karena saya mengurangi makan nasi, lebih banyak makan daging merah (kec. daging B2), minum susu, makan sayur (wortel, kembang kol, dsb).

    Jadi tman2 yang masih ragu, silahkan coba dulu…memang hasilnya akan beda2 u tiap orang, tergantung kondisi tubuh dan sebagainya.

    Regards

  44. cici ayu permalink

    hay aku anak kra pa bener diet harus disesuakan gol darah

  45. agungk permalink

    ya..ya..ya..
    Diet golongan darah sami mawon dengan food combining.
    Bebek-bebekan, alias quackery. Alias ilmu-ilmuan.
    Salah satu klenik modern.
    Manusia memang aneh. Semakin modern, semakin banyak percaya den menciptakan klenik dan tahyul.

  46. April permalink

    Hai…saya April. Udah lama sebenrnya baca buku tentang diet golongan darah ini. Golongan darah saya O. Sejujurnya saya memeiliki masalah kelebihan berat badan, makanya beli buku tersebut. Pertama saya kaget, ternyata selama ini saya menghindari daging merah yang ternyata malah bermanfaat untuk gol O.
    Waktu diet gak makan daging merah saya lemes banget, dan ternyata gak terlalu ngaruh sama berat badan. Setelah saya baca buku tersebut dan mulai mempraktekkannya (tapi gak terlalu ketat ya..) Saya cukup senang…dari segi kesehatan pengaruh sekali…tensi saya yang terkadang tinggi menjadi normal (padahal saya sudah makan daging lho), badan terasa lebih fit, jarang pusing dan lemas lagi.
    Tapi kalau dilihat dari berat badan ternyata saya tidak mengalami penurunan berat badan yang signifikan. Mungkin hal ini karena saya masih malas berolah raga, jadi ya sulit membakar kalori dan lemak yang sudah ada. Satu lagi yang penting…saya kok jadi suka minum air putih ya… (juga teh hijau).
    Buat yang masih ragu…dicoba saja dulu, gak usah terlalu lama, cukup seminggu juga sudah terasa kok efeknya…

    Selamat Mencoba
    -Aprilia-

  47. KWP permalink

    BUKTI nyata merupakan jawaban,…jadi untuk apa di perdebatkan??? membakar intelektual?..atau cuma supaya lebih ngetrend?..

    singkat aja lah….baik Kapler atau DAmo, mereka orang2 pintar kok…bisa jadi Kapler gak ada kerjaan senengnya musuhin orang…kayaknya Kapler dan Dame…temenan waktu SD..trus berantem…sampe dewasa….hehehehe

    pisss

    Ki Waras Pamungkas.

  48. sammy permalink

    bagaimanapun semua info ini membuka wawasan… saya punya toyota kijang tua tahun 97. Katanya kalau sudah setua itu olinya harus selektif yang kadar kekentalannya bla bla bla sesuai keausan mesin dsb… Tapi selama ini saya pakai mesran prima XP (oli paling murah sedunia he he) teteb oke-oke ajah…, gak ngebul, masih sanggup lari 120 di tol… Kalau mobil yang rancang bangunnya ilmu pasti banget aja bisa macem2 sarannya, apalagi tubuh kita yang amat responsif, mampu self-healing. Adamo (biarpun dia Yahudi) gak memaksakan doktrin tertentu. Kalo bukunya best seller, ya rejeki dia aja. Freddy Mercury, Spielberg, Einstein (kok ya kebetulan turunan Yahudi semua…), juga gak memaksakan “faham” maupun “genre” mereka untuk dituruti or dikagumi. So, kepagian Pak bilang “hoax”. Hoax cuma buat isi berita e-mail berantai yang janji bagi2 hape gratis atau notebook cuma2…

  49. indri permalink

    hmm..
    komentar macem-macem yah..
    anyway, bagi yg percaya silahkan yg enggak jg silahkan..

  50. edwin permalink

    ku termasuk orang yg mmpy tipe golongan darah B dl ku smt kurus tapi gak tau knp tiba2 berat bdan ku lngsng naik pas ku mulai kuliah pdhal sgl car sdh ku tempuh…

    hu..hu..hu…

  51. ummi aufa permalink

    seharusnya ahli gizi yang membantah teori adamo atau terori food combining, profesional , dengan bukti penelitian juga. ga cuma mengacu teori lama yang dipelajari selama ini . barangkali teori lama itu yang udah basi. selama menerapkan diet golongan darah, alhamdulillah. sekeluarga lebih sehat, jarang sakit. justru kalo lagi males diet , malah ada aja keluhan tubuh , sakit kepala, pilek.jadi benar tidak nya diet golongan darah, ya harus dicoba dulu .

  52. dhani permalink

    Salam kenal,

    Saya udah capek diet dan sebel karena bb gak turun2x. Tolong beritahu saja gimana caranya turun bb yang paling cepat.

  53. arie permalink

    sekarang juga,aq mo k toko buku coba beli buku diet ala adamo untuk gol darah AB ah

  54. perlu dicoba nih…sptnya masuk akal ya..
    darah itu mengaliri tubuh kita dari kepala sampe ujung kaki..
    jadi wajar kan kita kudu diet sesuai dengan tipe darah kita…
    saya pernah diet menghindari nasi + gorengan..jadi makannya sayur+sambel aja..
    seminggu saya lakukan..tapi gak turun beratnya..jadi saya bingung kenapa ya..
    padahal badan udah lemes..kyk mo pingsan ternyata diet saya salah, saya kan
    golongan darah o..jadi kudu byk makan daging…mungkin itu salah satu alasannya..
    kita gak perlu bilang teori d`adamo hoak gitu deh..yg penting kan buktikan dulu
    jangan asal nge`judge`..

  55. iny permalink

    wwww

  56. met kenal karyawati suatu instansi,saya mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan,tapi saya sudah diet tidak makan malam tapi,tetap aja gemuk.tlong dong kasih solusinya .thank”s

  57. Secara iseng saya beli buku D’Amano untuk diet Golongan darah O yang saya miliki. Waktu membaca saya merasa buku ini kok nggak ada landasan ilmiahnya, hanya mengatakan bukti, itu kesan pertama. Setelah dibaca lebih detail, saya agak jengkel dengan pengaturan makanan di mana dikatakan daftar makanan yang tidak bermanfaat adalah makanan yang aku suka. Diam-diam aku mempraktekan selama 2 bulan apa yang tertulis di buku tersebut, saya heran dan jengkel juga, kok badan terasa ringan dan berat badan bisa turun? setelah 2 bulan itu aku kembali menggugat dengan melanggar apa yang ditulis, eh badan terasa berat dan loyo. Inilah buku itu, antara percaya dan tidak. Lebih baik aku mengikuti saran buku itu, toh hasil MCU skrng It’s Oke semua.

  58. Dewi permalink

    golongan darah saya O, tapi saya tidak terbiasa n tidak bisa makan daging merah karena memang tidak suka. memang selama ini saya kesulitan menurunkan berat badan. lalu cara diet apa yah yg cocok untuk saya?

  59. anq permalink

    Teman kantor saya udh termasuk berumur tapi masih kliatan fit n awet muda, setelah beberapa kali ngobrol dgn dia eeh keluar juga tipnya bahwa dia mengikuti diet cara golongan darah,karna penasaran saya mencari artikel ini lewat internet, jadi menurut saya terlepas dari kontroversi ilmiah ato bukan mendingan dibuktikan sendiri, apalagi yg di anjurkan kalaupun itu salah nga memberi dampak yang yang membahayakan.

  60. One way we, If you fancy?Have a ruler, use it The.Can be uploaded, and its importance.Concern and has trance best techno dance club pop rnb tiesto, versatility of design popularity of modular.Right sponsor you, to them What.,

  61. yoyo permalink

    Dari semua komentar diatas kok gak ada satupun yang omongin masalah Golongan darah type reseptor dan non-reseptor. Kalau kita baca Buku Diet Golongan Darah Dr.D’adamo, kan disitu diperinci lagi walaupun golongan darah sama, contohnya Golongan darah A, ada yang reseptor dan non-reseptor, dan daftar makanan yang bermanfaat dan pantang juga berbeda bagi type reseptor dan non-reseptor walaupun golongan darahnya sama. Nah bagi teman2 yang sudah mengikuti diet golongan darah ini dimana ya mengecek reseptor dan non reseptornya?.Didalam bukunya Dr.D’adamo sih kita harus order/beli alatnya di alamatnya di amerika,baru dia kirim?, karena dia bilang sebelum menerapkan diet ini harus dicheck dulu type golongan darah kita reseptor atau non reseptor.Alat check itu nanti di taruh di lidah, saya tanya di PRODIA kok mereka gak tahu, ada yang bisa bantu?

  62. jarumpentoel permalink

    salam, terus terang pertama kali saya tertarik coba diet ini hanya karena alasan ini diet yang paling ga menyiksa.. hehehe. masih on progress.

    belum bisa bilang ini berhasil atau tidak, but i hv nothing against it either… setuju dengan komentar yang bilang bahwa yang dianjurkan itu masih mewakili seluruh gizi yang kita butuhkan kok.. toh bisa dikombinasi dengan makanan netral.

    plus, olahraga.. its a must.. krn emang Tuhan menciptakan dengan nature kita yg harus selalu mengolah tubuh utk cari makan… wajar jaman purba sampai jaman para nabi bermunculan, mereka sehat2 dan umur panjang2…

    kesimpulan: kita justru balance pd jaman purba karena cari makan dengan lari lari, loncat loncat cari binatang buruan, manjat pohon untuk metik buah, atau nyangkul2 pas jaman cocok tanam… iya too? ;)

    yang penting balance :)
    no worries :)

  63. Rachma permalink

    saya nerapin diet gol darah{o} udah berlangsung 2 tahun…n yg saya rasakan, badan saya fiet dan jarang sakit{flu} dan yg paling terasa sejak menerapkan diet ini berat badan saya stabil .

  64. mariaty permalink

    saya udah praktek diet golongan darah, ternyata cocok, pertama kali saya beli buku terjemahan Peter D’Amo “Diet golongan darah AB untuk mengatasi alergi”, aneh setiap ikut saran diet alergi saya hilang, tapi kalo tidak diet lagi kumat lagi alerginya, enaknya diet ini tidak ada batasan asupannya, kita boleh kenyang2 tapi untuk makanan yang bermanfaat aja…meski ada juga yang tidak sesuai seperti dalam buku disebut kacang tanah cocok untuk gol darah AB tapi tidak cocok saya konsumsi…yah kayaknya yang tidak cocok itu saja, lain saran makanan di buku tersebut cocok, lagian saya jadi bisa makan makanan favorit saya yang sudah 2 tahun pantang yaitu kol dan bunga kol, karena kata orang-orang bisa bikin perut bergas, tapi saya coba makan lagi eh ternyata saya jadi sehat dan segar, tidak berangin, kol dan bunga kol termasuk makanan bermanfaat bagi gol darah AB

  65. mau tanya nih, apakah diet golongan darah bisa diterapkan pada anak berumur 12 th dan 10 th..

  66. tiara permalink

    gw sedihnya…gw penggila yoghurt….susu …keju….gara2 divonis darah o gw gak bisa makan itu semua…

    makanya ane gak langsung terima gitu ajah…
    langsung ane cari kelemahannya..

    kelamahan pandangan ini menurut ane..

    blum ada pembanding kondisi darah,ato komposisis,setelah mengikuti diet golongan darah..cuma feeling2 pengguna diet yang ngerasa baikan…
    bisa ajah kan itu efek placebo??

  67. Supiyatun permalink

    Saya penderita maag (kronis) menahun dan sudah bosan minum obat dari dokter. Setiap hari kondisi badan lemas, ulu hati sakit. Lambung,punggung dan pundak terasa sakit. Tiap 2 jam sekali harus ada makanan yang masuk sehingga dianjurkan untuk selalu bawa biskuit atau roti. Ternyata semua itu tidak menjadikan kondisi saya lebih baik justru sebaliknya, badan saya semakin lemas, perut dan badan terasa panas, mual, dan pinggang terasa nyeri (mungkin terlalu sering minum obat). Tapi sejak saya temukan buku diet golongan darah ala Dr D’Adamo dan saya praktekkan, keadaan saya jauh lebih baik dan bugar.
    Sekarang kemana-mana saya tidak perlu lagi bawa biskuit atau roti karena ternyata makanan gandum penyebab nyeri lambung saya. Saya tidak lagi takut makan daging. Sepertinya saya tidak perlu penjelasan ilmiah. Saya cukup mempercayai apa yang saya rasakan dari manfaat diet golongan darah. Trimakasih Dr D’ Adamo…

  68. Hmmm… masih pro dan kontra saja ya terhadap Dr D’ Adamo?

  69. susan permalink

    saya mulai mencoba dan mulai percaya kebenaran diet berdasarkan gol darah, karena dari pengalaman selama ini saya merasa sudah hidup pola sehat banyak makan sayur dan buah tidak berani makan daging (hanya sesekali) porsi makan saya tidak banyak dan maksimal 3 kali sehari seringnya 2 kali sehari pagi dan sore saya juga puasa senin kamis tapi memang jarang berolahraga karena ngantor sampai pukul 5 sore jadi gak sempat, tapi setiap bulan berat badan saya nambah 1 kg (kakak ipar saya yang porsi makannya jauh lebih banyak tetep aja langsing, jadi heran juga). setelah berat badan saya sudah 15 kg bertambah (tinggi badan saya 158, BB 66 kg) saya mulai panik dan mencari apa yang salah, karena kalori yang saya keluarkan untuk bekerja saya fikir tidak sedikit. dua minggu yang lalu saya paksakan mulai olahraga malam dan baru turun 2 kg saja dalam 2 mg itu.
    saya membaca diet gol darah ternyata makanan yang saya konsumsi selama ini justru pantangan menurut diet ini dan daging yang saya hindari justru malah baik, jadi sementara kesimpulan saya saya memang salah diet. dan mulai merubah menu makan (diet), semoga saja berhasil

  70. ningmaera permalink

    ada resep kalo mau cepet langsing ..suruh aja pasangan hidup lu orang utk selingkuh..dijamin cepat langsing tak perlu diet gol darah

  71. aku gak pernah diet dietan,
    terlalu besuarrr keinginan akan makanan sih… terakhir aku rajin puasa karena ada utang puasa n ada hajat/keinginan (disuruh ibu untuk prihatin) eyh kurus sendiri sekarang… jadi klo pengen kurus ga usah diet dietan lah… rajin puasa aja, kosongin sebagian isi kulkas bagiin tetangga.. : )
    dapat pahala lagiy,.. syiip khan he he

  72. Aghitsty permalink

    ikutan komentar ya,,,
    setuju bgt sama ka @dwiyananatohara
    heheehe

  73. Hello, I log on to your blogs like every week. Your humoristic style is awesome, keep up the good
    work!

  74. Gol darah sayA b Duluth sayA gemuk sayA tidaak diet mengikut gol darah sayA Hanya mengikut cara rasulullah Jangan makan sebe
    Um lapar sudahi makan sebelum Kenyang tu saja. Dan Olahraga atau seperti Jalan Jalan melakkukan pekerjaan rumah dlsebagainya pokoknya menggerakkan tubuh sampai berkeringat itu saja.dulu sayA gemuk Sekarang sedang sedang saja.

Trackbacks & Pingbacks

  1. Diet Berdasarkan Golongan Darah « Betul-Betul Berita Bohong
  2. Diet Sehat Golongan Darah « Inside Me

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: