Skip to content

Dapper Flight 4 Overview

March 8, 2006

Upgraded to Dapper Flight 4! Awalnya cuman ada masalah-masalah kecil. Kayak iPod yang dicolok iconnya sama kayak HDD biasa, bukan gambar iPod. Tapi dasar gw maonya perfect, coba kutak-kutik upgrade lewat synaptic dikit-dikit. Terus hald gak jalan, malah external devices gak auto-mount. Terus makin parah, gak masuk X! Bahkan network devices gak kedetect. *geleng-geleng* sudah harus fresh install.

Jadilah gw ‘clean-start’ dengan Dapper Flight 4. Itung-itung cobain installernya Dapper. Keren banget, improvement dari Breezy. Semuanya lancar, dan tanpa halangan. Emang beda kalau fresh install sama upgrade existing system.

Pas masuk ke desktop, ternyata semua setting gw gak ada yang berubah! Semuanya sama, wallpaper, icons, dsb. Untung gw pake Linux, user settings berada terpisah di home partition! Asik banget. Meskipun pas nginstall masih seger, tapi hasilnya udah mateng.

Ubuntu Dapper Drake 6.04 Flight 4 Screenshot

Gnome feels solid as ever. Gedit dah ada improvement dengan sidepane dan print preview! Gw suka banget print previewnya, kayak view PDF di Evince. Terus abis itu langsung print ke PDF, sempurna! Nautilus sekarang bisa drag and drop file ke places side pane. Clearlooks jg kayaknya jadi makin keren yah, gak tau apa bedanya. Gw kelamaan pake clearlooks-cairo kali yah, jadi berasa beda pas balik.

Evince terasa lebih snappy. Rythmbox memakai GUI baru dengan tombol-tombol yang gede. GStreamer 10 bisa maenin file-file video gw (yup gw gak pake totem-xine sekarang). Sayang masih bermasalah untuk WMV file (salahkan MS dong~). Evolution rasanya jg sedikit berubah GUInya, sayang bug untuk entry tanggal belum diperbaiki. Gak masalah jg sih, soalnya skr mao add appointment aja crash. *geleng-geleng* Gw jg dah coba deskbar-applet, keren banget!

Tapi bukannya udah sempurna yah. Tetep aja ini development release. Beberapa kali gnome-volume-manager tewas, gnome-panel juga bermasalah kalau abis log-out terus log-in lagi. We hope it’ll all be fixed before the final release. 20 April 2006, Ubuntu Linux 6.04 Final Release.

From → Gnome, Ubuntu

3 Comments
  1. Galdor permalink

    Senasib dong..
    kayaknya kalo mau mainin wmv masih harus pake totem-xine dah…

  2. Thank you very much for your post, you gave me some missing info i needed for my study

    I have bookmarked your site and hope to see more great stuff coming

    Bye

    Sandra Breekin

  3. ryena permalink

    saya pake vga nvidia gf 6200 agp256 DDR2, komputer saya intel celeron, 2.53 mb, main board biostar, nah sejak pake vga card itu saya gak bisa nonton video karna menjadi berat sekali dibukanya, masalah nya dimana ya? file lain gak masalah, game jg gak masalah cuma gak bisa dipake buat buka file file video…. trims, balas ke email ya,,,,

Leave a Reply

