Skip to content

What! No Firefox?

May 19, 2006

Di lab komputer kampus Joseph Wibowo Center, Universitas Bina Nusantara hanya ada dua software web browser. Yang pertama adalah MSIE, yang kedua adalah Opera (versinya saya lupa, yang jelas bukan 9 beta). Ternyata di kampus yang membawa nama jurusan Computer Science dan Information Systems ini tidak menyediakan Firefox sebagai web browser alternatif.

Sebenarnya kalau mau maksa-maksa pake Firefox sih bisa aja. Masuk ke Lab 405, buka VMWare, boot Ubuntu 5.10 dan jalankan Firefox. Siapa coba yang mau bela-belain buka VMWare hanya untuk browsing? Bukannya fanatik Firefox, tetapi lagi bantuin project Multimedia web/javascript-based (Halo pak dosen). Meskipun animasinya berjalan sukses di MSIE, layoutnya agak 'berantakan'. Sementara di Opera layoutnya perfect, animationnya tidak sempurna (belum support opacity). Yang paling sempurna sebenarnya pakai Firefox atau Opera 9 Beta!

Solusinya? Downlaod Portable Apps. Aplikasi instan tanpa install, tinggal di-extract ke flash disk. Siap saji dalam 30 detik (kayak POP Mie aja). Ada banyak portable FOSS apps. antara lain Portable Firefox, GAIM, GIMP, AbiWord, bahkan OpenOffice dan VLC. Yang paket (suite) juga ada untuk flash disk 128 MiB/256 MiB. Enak juga kan buat orang-orang yang sering berpindah-pindah PC. Daripada repot PCnya tidak sedia aplikasi penting, lebih baik bawa sendiri.

4 Comments
  1. pop mie 3 menit, bukan 30 detik

  2. sesama rendy saling komen hhhhmmmm………..

    iya pake aja portable firefox

  3. Andryan permalink

    Komplain ke BS dong..

  4. Lawrence permalink

    Well, opera 9 beta belum keluar versi portablenya. But you can check this page in the future: http://www.opera-usb.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: