Skip to content

Hari Pertama Kerja

July 4, 2006

Jadi senin kemarin itu hari pertama masuk kerja. Wah dapat komputer AMD Sempron 3000+, RAM 512Mib dan HDD 80Gb. Makin mantap dengan layar LCD 17″. Seger ngeliatin monitornya! Kerjaan pertama, tentu saja hilangkan Windowsnya, install Ubuntunya. Jadi ini pertama kali nyobain Install Ubuntu 6.06 dari awal.

Karena pada awalnya hanya ada CD Dapper Drake RC, ya apa boleh buat. Kesan pertama, Live CDnya kok mulus banget yah. Booting cukup cepet, menjalankan aplikasi juga lancar banget. Nyaris nggak kerasa deh kalau lagi jalanin Live CD. Nggak tau deh ini emang PCnya yang kuat atau Live CD Ubuntu yang makin keren.

Ubiquity Installer yang baru ternyata begitu mudah digunakan! Janji bahwa kita bisa browsing sambil Install Ubuntu benar-benar terjadi. Installasi pun berjalan sangat cepat. Sayangnya kemudian muncul masalah, network tidak dapat koneksi. DHCP tidak mendapat balasan, dipaksa dengan static IP pun tetap tidak mau koneksi. Padahal Ubuntu sudah berhasil mengenali Ethernet adapternya.

Setelah beberapa lama kutak-kutik nggak jelas, nyobain Knoppix dan Bart PE. juga tidak berhasil jalan networknya (kalau yang dua terakhir ini rasanya lebih ke masalah driver). Akhirnya, datang CD Ubuntu 6.06 Final Release. Langsung dijalankan, langsung connect DHCP! Hore!

Yang paling asik, semua hardware dikenali dengan baik oleh Ubuntu. Monitor langsung diberikan resolusi native 1280×1024, suara langsung jalan, ethernet tidak ada masalah. Tinggal install gstreamer-plugins-bad dan ugly, MP3 langsung bisa main. Colok iPod juga otomatis membuka Rythmbox. Ubuntu benar-benar jalan OOTB!

Yang nggak enak, internet dibatasi hanya 15 menit! Nggak terlalu penting sih, soalnya saat jam kantor lambatnya minta ampun. Sebenarnya bukan berarti hanya boleh pakai 15 menit sehari, tetapi setelah pakai 15 menit perlu log-on lagi melalui web-based login-nya. Anehnya, skema pembatasan internet seperti ini tidak terlalu menggangu karena saat kita butuh bantuan dari Internet untuk coding tidak butuh lebih dari 15 menit.

Untuk instant messenging, kantor pasang server Jabber sendiri. Langsung connect lewat GAIM. Agak beda dengan kantor yang lain yang perlu memakai YM untuk komunikasi antar staff.

From → Personal, Ubuntu

3 Comments
  1. Sakaw permalink

    Skr kerja dimana loe k?

  2. mau numpang tanya juga, kantornya dimana yah? hu2x mirip2x sama kantor saya pake jabber sendiri juga :).

    salam kenal

  3. Rasyid permalink

    masih ada lowongan ngga…???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: