Skip to content

A

July 27, 2006

Meski sempat mengalami sedikit cobaan, akhirnya presentasi dan sidang skripsi selesai juga. Lulus dengan sukses menggondol nilai A (gila! Nilai dari mana coba). Terima kasih terutama untuk Tommy yang menuliskan sebagian besar isi skripsinya (dan tentu saja kegigihannya dalam memaksa orang malas ini coding). Terima kasih juga untuk Crescent Shadow, yang udah nyogok pake Sushi agar rajin buat skripsinya.

Sehari sebelum demo dan presentasi yang muncul di kepala berulang-ulang itu quote terkenal: ‘If things can go wrong, it will go wrong‘. Syukurlah ketika demo tidak ada apapun yang went wrong. Meskipun sempet ada error di last-minute, tetapi dapat segera diketahui alasannya dan diatur agar tidak muncul ketika demo. Untung saja ketika presentasi tidak disuruh ini-itu.

Padahal sebenarnya ada beberapa things that can go wrong. Misalnya saja komputer yang tidak menyala (kadang memang suka tidak nyala), padahal satu-satunya versi terbaru software client ada di sana. XGL/Compiz pun ternyata berhasil berjalan sempurna ketika disambungkan ke LCD projector. Asik juga bisa membuat para penyidang takjub ketika tiba-tiba layarnya di-rotate. :D

Slides presentasi dibuat ‘minimalis’ dengan mengikuti gaya pak dosen. Cukup nekat juga karena presentasi skripsi dibuat bukan dengan MS Powerpoint ataupun OOo Impress, melainkan dengan GIMP. Jadi saya presentasi dengan setumpuk file PNG menggunakan EOG. Setiap slide dibuat dengan sedikit sekali text dan sebagian besar gambar/icons. Konsekuensinya memang harus lebih banyak bicara dan bercerita karena tidak ada fallback untuk menyontek membaca slides.

Untuk tanya jawab sebenarnya memang ada sedikit di atas angin. Berbekal implementasi Python dan GTK di Linux, para dosen (yang biasanya hanya tau Java) tidak dapat bertanya terlalu jauh. Bahkan ternyata ada dosen yang tampaknya [ini sih memalukan] tidak tahu tentang Base 64 Encoding. Yah ini memang dosen yang dulu mengatakan kalau WAP adalah alternatif dari GPRS (koneksi CSD kali mustinya, WAP kan bisa diakses baik melalui CSD maupun GPRS). Apa mau dikata?

technorati tags: , ,

10 Comments
  1. sukses sih, kecuali fakta bahwa gak ada satupun supporter yang hadir di ruangan XD
    lu siih, mulai ngemeng kecepetan, kita2 diluar ruangan cengo doang ga bisa masuk udah keburu mulai =p

    anyway congratz dapet A, GPA jadi 4.00 lagi
    boleh minta naek gaji ga ya? *digebuk bos*

  2. Aldo Sunaryo permalink

    Omedetto ne!
    Seems really cool what you’re doing :D congrats2 dah lulus. Best wishes fer yuir life after graduation…and hope to see you well! kapan2 klo gw pas pulank indo ^^b

    Cheers

  3. Selamat ya, melewati salah satu catatan sejarah hidup …. :)
    Dengan hasil gemilang lagi :))

  4. congrats! *makan2

  5. Andryan permalink

    Let me guess.. dosen yg ngga tau base 64 encoding itu inisialnya TAB?

  6. Thanks all

    Andryan: Do you really need to ask?

  7. Andryan permalink

    Was a rhetorical question.. :)

  8. Hello. I only want to observe that what you share here is really the best post so I m thinking to post https://solyaris.wordpress.com/2006/07/27/a on my Digg profile so all can have the opportunity to enjoy. I was glad when I saw this tittle, A solaris, on google search, and the reason is that in the end I found what I was looking for. Thank you

Trackbacks & Pingbacks

  1. 2006 yang lalu… « solaris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: