Skip to content

DVD Wisuda Binus bukan DVD Video

January 29, 2007

Mengecewakan!

Ternyata DVD rekaman acara wisuda dari Universitas Bina Nusantara itu hanya DVD data. Bukan DVD Video seperti dugaan saya sebelumnya. Sehingga tidak bisa dimainkan pada DVD player biasa. Di dalamnya hanya terdapat video MPEG2 yang berisi rekaman acara wisuda.

Binus menyebut ini sebagai DVD interaktif karena mengikutsertakan buku wisuda elektronik. Sayangnya Kecewanya, buku wisuda elektronik tersebut hanyalah sebuah file executable Windows! Sebagai universitas yang mengedepankan Teknologi Informasi, mendiskriminasi lulusan pengguna Linux (dan Mac, dan BSD, dan Solaris) itu sebenarnya menampar diri sendiri. Padahal akan jauh lebih mudah bila disediakan dalam format PDF ataupun HTML.

DVDnya juga dibuat dengan setengah hati. Dari kualitas editting video yang amatiran (nama mahasiswa terlewat, salah nama dan warna yang ngaco) sampai file ReadMe.txt yg menulis bahwa file yang perlu dijalankan adalah Wisuda34.exe padahal yang tersedia adalah Wisuda95.exe (copy paste?). Bahkan ada file Thumbs.db terselip ke dalam DVD tersebut.

Talk about quality!

9 Comments
  1. butuh outsourcing subtitling?
    hehehe id-anime bisa membantu :))

  2. Itu udah kemajuan pake DVD… Saya mah dulu msh CD dan tak-ada video2nya. Hanya softcopy dari buku alumni yang berat itu.

    Kalau masalah “executable Windows” ya mungkin harap maklum. Mayoritas yang menang.. Yah.. mirip2 CD-DVD majalahlah semacam Chips, Bitmap dan sebangsanya. Kalau mau bikin dua versi kan kalang kabut dan bagi sebagian besar org useless..
    Namun versi PDF dan HTML selayaknya juga jadi pertimbangan buat mereka.

    Nah berbicara masalah kualitas.. Ini dia..!
    DVD-CD tsb dikerjakan oleh satu divisi khusus dalam lingkup BiNus yang kalo ngga salah disebut PDC (kepanjangannya lupa, markasnya di kampus Anggrek). Yakin seyakin2nya penyebabnya pastilah masalah klasik, “DIKEJAR DEADLINE” dan “Supply data yang baru masuk mepet hari H”. Itu sih dah masalah tahunan keknya. So ya hasilnya pas-pasan, tak ada quality control dari editor, dan memang sumber daya manusianya yang seperti Rendy bilang, amatiran..! (Biasanya direkrut dari mahasiswa biar gajinya murah meriah.. Berani taruhan Binus tak akan mau memperkerjakan Pro di bidang itu.. sayang duitnya hehehe)
    *Gw bukan pegawai binus, cuma lulusan binus aja.

  3. Andryan permalink

    BiNus gitu loh.. What do you expect? :D

  4. iye neh kemajuan, perasaan pas gue wisuda 2005 kemaren kaga ada pideo deh :)) cuma ada nama2 alumnus yg wisuda doang

  5. Lawrence permalink

    Gimana kalau pake Opera Slideshow? :)

  6. Lawrence permalink

    Gimana kalau pake Opera Slideshow? :)

  7. @Charly: Mahasiswa bergaji murah meriah yah… pelit amat!

    @Andryan: Kualitas baik sesuai harganya

    @Lawrence: Kalau sampai mereka pakai Opera Sideshow (atau S5 Presentation) bisa kagum banget deh gw. Standards compliance banget.

  8. maulina habibi permalink

    Binus Is attractiveness..

  9. yiah, itu masih lebih baik daripada kampus saya yg katanya salah satu terbaik di indonesia. kami bahkan tidak punya kenang-kenangan dalam bentuk digital! yang ada cuma buku wisuda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: