Skip to content

Apakah Komputer anda Berbahasa Indonesia?

March 12, 2007

Ada berapa banyak pemakai PC yang menggunakan antarmuka berbahasa Indonesia? Baik itu di Windows, Linux ataupun OS X (ada gak sih OS X bhs Indo?).

Saya sendiri saat ini sedang menggunakan Ubuntu dengan bahasa Indonesia di kantor. Ini bukan pertama kalinya, sebelumnya sudah beberapa kali menggunakan bahasa Indonesia sebagai interface pada Ubuntu.

Bagi saya terjemahan Indonesia di Ubuntu (atau Linux pada umumnya mungkin) sudah sangat baik. Sebagian besar bisa digunakan tanpa terasa menganggu ataupun aneh. Meski masih ada beberapa kata/frase yang menonjol seperti batang tombol (toolbar). Cakupannya juga cukup luas karena aplikasi command-line juga sudah ada yang diterjemahkan!

Anda sendiri… menggunakan bahasa apa? Dan, apakah anda tertarik untuk mencoba bahasa Indonesia?

Update: Potongan screenshot gambar layar Ubuntu dengan bahasa Indonesia bisa dilihat di posting tulisan saya sebelumnya (atau langsung ke gambar di Flickr).

9 Comments
  1. Membuat komputer dengan antar muka bahasa Indonesia ? Banyak yang berkata itu usaha membodohi bangsa. Tapi banyak kisah pahit yang akhirnya jadi kisah manis soal usaha penerjemahan ini.

  2. Dedhi permalink

    I feel lost using Indonesian language interface :(

  3. @IMW:
    Asal tidak diterjemahkan secara berlebihan saya rasa tidak akan membodohi bangsa. Soalnya malu juga kalau liat-liat blog orang, banyak banget usaha aktif menterjemahkan Ubuntu (atau Linux) ke bahasa lokal mereka (Portugis, Tagalog, Rusia.. dsb). Menariknya, mereka bangga dan menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari.

    Rasanya kan sayang sekali kalau usaha menterjemahkan ke Bahasa Indonesia itu sampai ditolak mentah-mentah oleh orang Indonesia sendiri (baca: tidak digunakan). Padahal menurut saya terjemahannya sudah pada tingkat yang baik (bisa dipakai sehari-hari tanpa perlu merasa aneh).

    @Dedhi:
    Awalnya memang terasa aneh. Tetapi lama-lama akan merasa nyaman juga kok. :D

  4. idem sama Dedhi, jadi bingung…

  5. Kalau sedang menggunakan Fedora atau Ubuntu di rumah, kadang-kadang saja saya menggunakan Bahasa Indonesia, defaultnya English.

  6. Dulu juga pernah ada bahasan ttg ini di milis dan hasilnya lebih kurang sama dengan komentar2 diatas. :D

  7. tentunya klo memang rencananya diindonesiakan target penggunaya bukan orang yang udah melek banget ama yang nama-nya Komputer, mungkin penggunaannya untuk orang yang jarang pake komputer hehe

  8. vega permalink

    Ubuntu FF, Bahasa Indonesia, pernah, nyaman juga. Bahasa Inggris, nyaman juga.
    Windows? Blm pernah pake Bahasa Indonesia.

  9. Saya dulu pake Ubuntu dengan bahasa Indonesia, SuSe juga sempat pake bahasa Indonesia. Sekarang lagi beralih ke Windows, pake bahasa Indonesia juga, bahkan Officenya jg saya install bahasa Indonesia :)

    Bahasa Indonesia, jangan mau ditumpangin sama bahasa Melayu, jadilah diri sendiri !!
    ^__^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: